Pertama kali pasang iklan Google Ads

dulu memang Saya pernah iseng mendaftar untuk program Google Adwords, namun dulu Saya tidak paham sekali apa itu Google Adwords. yang Saya tahu jika Saya mau gunakan itu maka Saya harus bayar dahulu.  semakin kesini, Saya sudah paham apa itu Google Adwords. tahun 2013 pun Saya sudah memiliki akun Google Adwords karena pada saat itu Saya menggunakan tools keyword planner untuk search kata kunci.

rifkitaufik, sayawrt, google ads, cara menulis artikel, cara pasang iklan google


sekitar tahun 2014 Saya paham, bahwa iklan yang ditampilkan di adsense itu berasal dari pelanggan adwords. nah darisitulah muncul rasa penasaran Saya untuk bisa mencoba Google Adwords. memang jarak waktunya lama sekali dari tahun 2014 sampai tahun 2019. dan pada tahun 2018 pun sebenarnya sudah ada niatan untuk pasang iklan untuk blog dan video youtube. namun, jika Saya pasang semua maka dana Saya pasti kurang.

ketika bulan februari 2019 Saya coba iseng untuk memasang iklan Video youtube yang pada saat itu dengan anggaran Rp. 150.000 dan anggaran harian Rp.10.000 dengan Bid Rp. 250.

pasti Kamu tahu dong apa yang terjadi, bukannya video Saya semakin banyak ditonton tapi sepi penonton karena harga bid yang Saya ajukan sangat-sangat rendah sekali, dengan anggaran Rp. 10.000 perhari dan bid CPC Rp. 250, Saya tahu bahwa itu kurang. namun iklan memang sudah disetujui dan tampil. karena Saya sudah dapat laporannya.

berawal dari masalah diatas. Saya semakin yakin bahwa Saya belum siap untuk memasang iklan video di youtube, karena video yang Saya gunakan pun berdurasi panjang dengan jenis vlog, maka akhirnya Saya hentikan iklan itu dengan hasil nol besar. namun tidak mengapa, setidaknya Saya memiliki pengalaman baru bagaimana cara pasang iklan Google Ads yang baik.

Saya masih penasaran dengan iklan video, akhirnya Saya coba mencari tahu di youtube, apa yang harus Saya lakukan dengan kesalahan diatas. ternyata, masalahnya memang sudah bisa Saya tebak, yaitu berasal dari anggaran dan bid CPC. karena harga yang Saya berikan kurang tinggi, sehingga impressi yang Saya dapatkan pun kurang sehingga tidak berdampak apa-apa ke video yang Saya iklankan. 

dari situ lah, Saya akhirnya ingin mencoba jenis iklan lain dengan dana terbatas hanya Rp. 150.000 saja. Saya sempat kepikiran untuk mengiklankan blog saja dengan jenis telusur. dan lama-lama, akhirnya Saya memilih jenis iklan tersebut untuk mendatangkan trafik ke blog Saya.

dan Saya pun mulai memberanikan untuk memasang anggaran yang lebih besar dari sebelumnya yaitu anggaran harian Rp. 50.000 dari sebelumnya Rp. 10.000. dan harga CPC Saya naikan dari Rp. 250 menjadi Rp. 1500. sesuatu yang signifikan sekali untuk Saya coba. dengan kenaikan besar tersebut, Saya menunggu iklan Saya untuk disetujui dan tampil. akhirnya sambil menunggu Saya tinggal saja beberapa saat,

pada tanggal 2 maret, Saya membuka laporan Google Ads, dan melihat bahwa nilai impresi adalah sekitar >230. itu artinya iklan Saya sudah tampil lebih dari 230 tayangan, dengan jumlah klik 27 dan biaya yang Saya keluarkan sehari itu adalah Rp. 50.069, lebih 68 rupiah dari anggaran harian, tapi itu masih aman karena trafik yang datang ke blog Saya pun lumayan. 

berikut adalah hasil tangkapan layar iklan yang Saya pasang selama 3 hari, lumayan bukan? dengan dana Rp. 150.000 maka Saya bisa mendapatkan trafik yang lumayan secara dadakan, karena setelah iklan Saya berhenti, maka trafik kembali ke sebelumnya. hanya <50 perhari. 

sayawrt, google ads, cara menulis artikel, cara pasang iklan google
laporan iklan hari ke-1
sayawrt, google ads, cara menulis artikel, cara pasang iklan google
laporan iklan hari ke-2
sayawrt, google ads, cara menulis artikel, cara pasang iklan google
laporan iklan hari ke-3
sayawrt, google ads, cara menulis artikel, cara pasang iklan google
total jumlah aktifitas iklan

1 komentar:

keren, artikelnya sangat membantu saya untuk bisa pasang iklan juga. thanks for sharing friends..


EmoticonEmoticon