Tips Ganti Nomor Seluler yang aman

Sayawrt.com - nomor seluler adalah nomor yang Kita miliki dari penyedia operator yang ada di Indonesia, secara keseluruhan operator di Indonesia banyak sekali yang menyediakan nomor seluler dengan berbagai macam layanan. Di Indonesia sendiri Kita mengenal Telkomsel, XL Axiata, 3, dan Indosat Ooredoo. nah, selain operator tersebut masih banyak lagi penyedia nomor selular lain. di artikel tips ganti nomor selular yang aman ini, Saya akan berikan tips aman bagaimana sih cara mengganti nomor selular yang benar di Tips Ganti Nomor Seluler yang aman ini.

tentu ketika Kita ingin mengganti nomor pasti ada sebab dan alasannya, seperti :

  • Kartu Error 
jika kartu error karena suatu sebab dan sulit untuk dipulihkan kembali, seperti salah memasukan nomor PIN & PUK. maka mengganti kartu adalah solusi paling mudah karena tidak perlu mengurusnya ke Gerai operator. 
  • Kartu terindikasi spam
kartu yang terindikasi spam juga terkadang sangat menyebalkan, padahal Kita tidak menyebarkannya dengan sembarangan. tapi tetap saja ada sms spam, dan layanan gak penting lainnya yang datang. 
  • Kartu rusak fisik
meskipun kartu rusak dapat diganti di gerai operator, namun tidak banyak dari mereka yang melakukan cara ini, karena itu tadi. ribet dan tidak praktis. mungkin mereka berpikir daripada harus mengganti fisik kartu ke gerai operator lebih baik beli yang baru lagi. 
  • Kartu habis masa berlaku
kartu masa berlaku habis mungkin karena Kita lupa untuk mengisi pulsa atau memang kartu itu khusus untuk modem yang penggunaannya hanya digunakan saat menjadi modem saja, jadi tidak setiap saat. 
  • Kartu Hilang
dan yang terakhir Kita ganti nomor selular karena kartu hilang. tentu alasan ini tidak perlu dijelaskan.

dari berbagai masalah diatas, salah satunya pasti pernah Kita alami, dan karena alasan itu Kita terburu-buru mengganti nomor selular dengan cepat. eits, tapi perhatikan dulu aspek lain yang mungkin akan timbul jika Kita ganti nomor tanpa persiapan. mengingat nomor selular sekarang tidak hanya digunakan untuk layana sms dan telpon saja, namun juga aplikasi lain yang selalu membutuhkan nomor selular untuk verifikasi dan konfirmasi.

Apa saja tips itu, dan bagaimana cara mengganti nomor selular yang aman. mari baca poin penting di bawah ini. 

  • Ganti nomor verifikasi email
sebelum Kamu benar-benar mengganti nomor selular ke nomor yang baru, maka sebaiknya Kamu ingat juga apakah nomor itu Kamu gunakan untuk verifikasi alamat email yang Kamu miliki dan lainnya, serta email mana saja yang menggunakan nomor itu.

karena verifikasi yang diperlukan untuk email bersifat penting, dan akan digunakan untuk memulihkan akun email jika Kamu lupa sandi, maka sebelum ganti nomor, coba diingat lagi. 
  • Ganti nomor layanan bank 
sekarang ini kebutuhan akan transaksi mobile semakin meningkat dan juga perlu. transaksi keuangan yang dilakukan dimana saja dan kapan saja sudah sering Kita temui. tidak lepas dari nomor selular, layanan bank seperti sms banking, online banking juga menggunakan nomor selular untuk melakukan konfirmasi dan aktivitas lainnya.

buat Kamu yang menggunakan layanan bank seperti ini Saya sarankan untuk berhati-hati dan untuk segera mengganti nomor layanan bank ke nomor baru sebelum kartu lama Kamu buang. dan juga pastikan nomor baru Kamu terdaftar aktif di bank untuk kelancaran aktivitas transaksi keuangan dan lainnya.

untuk cara aktivasi nomor selular ke bank yang Kamu miliki tentu Kamu sudah paham ya, atau bisa langsung Kamu kunjungi bank terdekat. 
  • Ganti nomor di sosial media 
biasanya sosial media memang membutuhkan nomor selular untuk keperluan aktivitas, konfirmasi, dan verifikasi, jadi untuk mengganti nomor dilayanan media sosial sangat mudah kok. Kamu hanya perlu ke pengaturan di setiap sosial media yang Kamu miliki, kemudian ganti nomornya ke nomor terbaru yang Kamu miliki. 
  • Ganti nomor di online shop 
nah, ini nih gak lepas juga dari nomor selular. biasanya online shop seperti bukalapak, lazada, tokopedia, dll. pasti butuh nomor selular juga. tentu karena akan dicantumkan di alamat pengiriman. dan juga untuk keperluan lainnya. sebelum Kamu membuang kartu lama Kamu, sebaiknya segera ganti dengan nomor baru Kamu.
untuk di bukalapak, cara ganti nomor lama ke yang baru membutuhkan kartu lama yang aktif karena akan ada sms notifikasi ke kartu lama. jadi jika kartu Kamu hilang dan hangus, Kamu harus kirim email ke bukalapak untuk mengganti nomor secara manual. untuk caranya bisa Kamu baca di FAQ bukalapak
  • Ganti nomor dilayanan lain yang Kamu miliki.
dan yang terakhir adalah insidentil, jika Kamu tidak ingat semua aplikasi mana saja yang membutuhkan nomor selular Kamu bisa lakukan secara bertahap untuk menggantinya dan pastikan bahwa itu tidak bersifat penting seperti layanan bank.
untuk langkah terakhir ini Kamu lakukan untuk aplikasi yang tidak terlalu prioritas saja.
jika Kita sudah memiliki dan mengganti semua layanan ke nomor baru, maka langkah apa yang dilakukan agar nomor Kita terhindar dari spam, sms palsu dan lainnya.

Cara dibawah ini akan membantu Kamu untuk menjaga privasi nomor tetap baik : 

  • Beli nomor di gerai resmi 
ini adalah masalah yang awal sekali dari semua masalah. mungkin karena Kita membeli nomor di sembarang tempat dan Kita tidak tahu apakah nomor itu sudah dicatat atau tidak oleh penjual. maka Kita harus waspada. membeli nomor di counter pinggir jalan atau lapak penjual bebas lebih rawan terindikasi sms penipuan dan spam.
jadi untuk lebih amannya lebih baik membeli di toko atau gerai yang resmi atau lebih terpercaya. untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut. 
  • Jangan isi pulsa disembarang tempat 
membeli pulsa sekarang ini lebih mudah dengan layanan online banking atau melalui aplikasi Fintek. selain itu dengan cara ini Kita mungkin akan terhindar dari masalah di poin a diatas. karena Kita tidak mencatat secara manual di kertas. karena rawan sekali counter yang menjual nomor selular dari hasil pengisian pulsa. bisa dibayangkan dong, setiap hari ada saja nomor yang didapat oleh penjual pulsa dari hasil mencatat nomor yang mau diisi. nah terus, nomor yang dicatat itu akan rawan lagi.

jadi untuk lebih amannya, sebaiknya isi pulsa melaui online banking atau aplikasi seperti bukalapak, sepulsa. kalau Saya sih menggunakan TCash (sekarang LinkAja) untuk keperluan isi pulsa, bisa Kamu baca disini 

Nah itulah dia tips ganti nomor selular yang aman, bagaimana? ternyata tidak mudah bukan walau hanya ganti nomor selular saja. wah repot juga ya. tapi karena untuk keamanan maka sebaiknya Kamu perhatikan itu semua.


EmoticonEmoticon