Ternyata ini Cara Kelola Pesan Whatsapp yang Benar

Sayawrt.com -  di smartphone kita semua pasti sudah terpasang aplikasi WhatsApp. ya aplikasi pesan instan ini bahkan sudah diunduh dan diinstal lebih dari 1 miliar lebih pengguna dari penjuru dunia. kita pun mengakui bahwa era SMS dan pesan instant yang lain yang pernah booming terkalahkan dengan WhatsApp. simak terus artikel "Ternyata ini Cara Kelola Pesan Whatsapp yang Benar" ini ya.

sayawrt, cara kelola, pesan whatsapp, tips whatsapp, tips android


Atau masih ingatkah Kamu dengan aplikasi Blackberry Mesenger, Wechat, KakaoTalk. dulu iklan media tersebut pada tahun 2011-2014 masih ada dimana-mana. dan bahkan di youtube pun ada. tapi untuk WhatsApp. Saya tidak pernah menemukan iklan WhatsApp di youtube dan media lain. Atau Saya salah dan Kamu pernah menemukan iklan WhatsApp bisa komentar di bawah. 

Aplikasi pesan instant memang sangat membantu mobilitas kita yang hidup dizaman modern dan serba robot ini. jadi manfaat dan keuntungan yang diambil dari teknologi itu adalah bergantung dari bagaimana cara kita mengolahnya.

baik, Saya yakin Kamu semua pasti pasang WhatsApp sekarang, dan sedang mengalami masalah dengan memori media yang penuh, atau terlalu banyak media yang diunggah di pesan pribadi atau video yang menumpuk di grup. Saya akan berikan tips bagaimana sih cara hapus sampah dari aplikasi WhatsApp serta tips lainnya untuk Kamu ikuti, nah di bawah ini adalah Cara mengelola pesan WhatsApp yang menumpuk di smartphone android. simak baik-baik.

Tandai pesan yang penting

nah, ketika sedang berchating ria dan tidak sengaja ada informasi penting yang Kamu terima seperti alamat, nomor handpone, atau tentang sesuatu yang menurut Kamu itu penting dan Kamu ingin melihatnya lagi nanti secara langsung tanpa harus mencari dengan scroll keatas (karena pasti pegel banget).

nah ada cara yang mudah yang bisa Kamu coba, yaitu dengan memberikan tanda bintang di pesan yang Kamu tandai penting itu. caranya mudah kok, Kamu tinggal tekan saja obrolan seperti biasa, sampai ada pilihan diatas. dan pilihlah "bintangi pesan", atau klik saja langsung icon tanda bintang, selesai deh. 

dan untuk cara melihatnya kembali adalah dengan tekan "titik tiga" di kanan atas. dan pilih pesan berbintang atau "Starred Messages" jika memakai bahasa inggris seperti Saya. bagaimana mudah bukan, jadi Kamu tidak perlu repot lagi untuk mencari pesan yang penting karena sudah ditandai.

Unduh lampiran file yang penting.

terkadang ada saja file penting yang dikirimkan lewat WhatsApp, dan jika file itu penting maka Kamu harus segera mengunduhnya untuk kemudian disimpan, jangan biarkan berada di direktori WhatsApp karena akan terhapus walaupun kita tidak menghapusnya. tapi jika kita menggunakan file manager seperti Files dari Google, maka akan menghapus media gambar dan video yang ada di direktori WhatsApp.

untuk cara downloadnya Saya yakin Kamu bisa, kemudian segera pindahkan ke penyimpanan selain direktori folder WhatsApp. file penting itu seperti foto, video, hasil scan dan masih banyak lagi. dengan begini juga agar Kamu tidak repot mencari file yang telah dikirim ada dimana. karena sudah aman Kamu pindahkan. 

PIN atau Sematkan Grup Prioritas

ada berapa banyak grup yang Kamu ikuti di WhatsApp. apakah grup itu penting dan Kamu harus selalu memantaunya? jika ya, maka dengan cara ini akan sangat membantu. Kamu bisa sematkan atau PIN grup tersebut agar selalu berada di atas dan bisa setiap saat Kamu buka, caranya juga mudah kok. Kamu hanya tinggal tekan grup yang ingin disematkan, kemudian pilih tanda pin seperti digambar berikut.

biasanya untuk urusan pekerjaan seperti grup sekolah, grup Operator. cara ini akan berguna. 

Hapus pesan secara terjadwal

pesan di aplikasi WhatsApp Kamu sudah penuh? dan ingin menghapus beberapa pesan, dan sering juga didalam pesan itu ada gambar dan media lain yang gak penting banget buat Kamu. tenang, Kamu tinggal hapus pesannya saja. kemudian klik centang dan otomatis semua media akan ikut terhapus dari penyimanan smartphone Kamu.

apakah Kamu punya jadwal hapus pesan WhatsApp secara rutin? kapan?.

kalau Saya hapus pesan WhatsApp setiap 1 atau 2 hari sekali (jika pesan itu tidak penting). tapi jika pesan itu penting Saya akan lakukan nomor 1 dan 2 dulu, setelah selesai baru Saya hapus. kenapa Saya menghapus dengan interval waktu 1 atau 2 hari. jujur saja Saya tidak suka menumpuk pesan WhatsApp jika ada pesan yang baru saja terjadi dan kemudian mengucapkan salam penutup, Saya langsung hapus juga saat itu. karena Saya sebagai Staf TU biasanya pesan japri (jalur pribadi) hanya itu-itu saja. itu juga langsung Saya hapus. sebab lain kenapa Saya rajin hapus adalah, agar fokus Saya tidak terganggu jika ada pesan masuk yang baru. dan bisa mengerjakan semua secara berurutan.

nah Kamu juga harus punya dong, waktu untuk menghapus pesan WhatsApp, jangan ditumpuk sampai berpuluh-puluh ya.

Hapus media yang tidak dipakai.

nah, ini adalah total dari cara menghapus media di WhatsApp, dengan cara ini dijamin deh, semua bakal terhapus dengan beberapa klik (karena dipisah sesuai grup atau penerima pesan). jadi Kamu bingung dimana sih letak file foto dan video di WhatsApp itu, karena Kamu ingin menghapusnya secara tiba-tiba.

nah, inilah caranya. yaitu dengan klik  Titik tiga > Seting > Data and storage > storage usage. dan disitu Kamu akan menemukan grup atau pesan WhatsApp yang diurutkan sesuai dengan besar medianya. dari paling besar sampai yang terkecil. jika sudah menemukan langsung saja klik kelola pesan. dan hapus deh. 

dengan cara diatas juga ruang penyimpanan internal Kamu akan sedikit lega. dan setidaknya tidak ada sampah lagi seperti meme, baner, poster, atau video pendek yang sering biasa dishare.

dan itulah dia tips dari Sayawrt, bagaimana mudah bukan untuk Kamu coba. tapi manfaatnya luar biasa membantu lho, jangan lupa juga share ke temen Kamu yang membutuhkan informasi ini ya.

Saya mengetik artikel ini di Smartphone Android dengan keyboard Logitech MK275, bisa kamu baca ulasannya di Ngeblog lewat Smartphone dengan Keyboard Logitech MK275


EmoticonEmoticon