Bagaimana Cara Remaja Menabung di Zaman Sekarang?

Sayawrt.com - halo anak muda? bagaimana sudah punya tabungan untuk masa depan belum? buat kamu yang masih muda dan masih semangat kerja jangan boros sama pengeluarannya ya, kenapa? karena kamu tidak akan tahu kebutuhan dimasa mendatang nanti seperti apa. mungkin bukan diri kita sendiri tapi bisa jadi orangtua, kakak-adik, atau teman kita butuh sesuatu bisa kita bantu. tapi jelas bukan itu juga tujuan utama kita menghemat uang. namun tergantung dari kebutuhan kamu atau individu itu sendiri.

sayawrt, tips menabung, menabung untung, blogodolar, education festival, alkahfi


oke, Saya menulis artikel ini bukan karena Saya sudah sukses menabung atau berhasil berhemat dengan dahsyat, tidak!. Saya menulis artikel ini karena ingin menceritakan sulitnya berhemat atau menyisihkan uang kita untuk sesuatu yang lebih bermanfaat, seperti yang paling mudah adalah sedekah. kenapa juga dengan sedekah? karena sedekah tidak ditarif seberapanya, itu seikhlasnya. betul?

sudah lama sekali memang Saya ingin menabung dan bisa berhemat dari uang yang didapat. kebiasaan Saya menabung sudah dimulai dari sekolah dasar, dan pada saat itu juga bukan berawal dari keinginan sendiri, namun karena melihat tabungan teman yang luar biasa banyak (pada saat itu Saya bilang banyak karena masih kecil), sehingga Saya termotivasi juga untuk bisa menabung. awalnya Saya minta dibelikan celengan kecil, namun Saya melihat botol bekas tinner (campuran cat) ada yang kosong. lalu Saya lubangi seperti lubang celengan dan dijadikan tempat untuk menabung.  dari celengan kaleng tersebut, Saya mengumpulkan uang sebanyak Rp. 83.000. Saya masih ingat nominalnya karena ketika Saya buka untuk kebutuhan membeli buku atlas pada bazar sekolah.

nah, semakin kesini kebiasaan menabung Saya tetap ada namun tidak rutin seperti sebelumnya.

untuk sekarang menabung di bank itu memang mudah, namun jika kita tidak tahan dan selalu ingin menggesek kartu ATM dimana saja, maka tetap tidak akan bisa. kuncinya adalah, dari diri kita sendiri. seberapa pentingkah pengeluaran itu. apakah hanya keinginan saja atau memang sedang butuh? pasti jawabannya adalah karena lebih banyak keinginan daripada kebutuhan.

apalagi buat anak muda di zaman sekarang, terlebih buat anak muda dari kalangan berada. yang dari umur sekolah sudah diberikan kartu kredit atau uang lebih untuk kebutuhannya. mereka akan sulit mengenal hemat dan menabung. karena gaya hidup seperti itu tidak ada 2 hal yang Saya sebutkan didalamnya. mungkin ada, tapi dengan bahasa lain seperti investasi atau asuransi.

sekarang? bagaimana cara Saya menabung dan dimana tempat Saya menabung. kalau kamu mau tahu baca terus artikel ini sampai bawah ya, oke.


sekarang tentu berbeda dengan dulu, dari menyebutnya saja sudah beda. dulu seperti yang Saya jelaskan diatas. anak muda masih jarang menabung di bank, karena menabung dirumah dengan cara konvensional lebih menyenangkan seperti celengan atau sejenisnya. dan kebutuhan dulu juga berbeda dengan sekarang yang dimana anak muda zaman sekarang lebih banyak bertransaksi secara digital. dan dipercanggih lagi dengan aplikasi keuangan atau fintech yang bermunculan.

tentu pada zaman dulu remaja belum mengenal seperti ini. mereka sangat gembira dengan memasukan koin-koin ke dalam celengan ayam atau bambu. kemudian jika sudah berat lalu membongkarnya. ada perasaan tersendiri, Saya beruntung hidup di dua zaman, 90'an dan Milenial. sehingga semua itu Saya rasakan. dari permainan tradisional dan digital.

lalu apa yang harus kita lakukan dizaman sekarang ini, dimana dolar semakin meningkat dan rupiah melemah. tentu berhemat dalam keuangan itu tidak salah, suatu saat gaya kehidupan berhemat akan kamu lakukan jika sedang banyak kebutuhan. semua ada waktunya untuk dibuktikan. so, mulai berhemat dan menabunglah dari sekarang. Saya yakin jika kamu tekun dan rajin itu akan berhasil.

selanjutnya Saya akan membagikan tips dan cara menabung  yang efektif. Saya tebak pelajar sekarang sudah melek dengan menabung di bank dan sebagainya, atau mungkin ada yang sudah punya beberapa rekening bank sebelum lulus. jadi nantikan artikel Saya selanjutnya. cara menabung yang efektif.


EmoticonEmoticon