Kenapa Saya membeli produk Reksadana Saham?

Sayawrt.com - oke pada tulisan Saya saat ini, ada satu cerita yang cocok buat Kamu yang suka nabung dan mau berhemat nih. cerita apa sih itu? penting banget ya? hemm.. kalau untuk Kamu yang melek dengan Fintech dan ingin update tentang belajar saham sih, ya lumayan penting. tapi kalau Kamu gak suka tapi mau tambah wawasan ya lebih baik baca aja tulisan Saya sampai selesai ya. 

sayawrt, bareksa saham, rifkitaufik saham, saham sinarmas, bisnis untung 2019


kan pada artikel sebelumnya Saya pernah membahas bahwa menabung di bank itu tidak akan membuat Kita kaya. dalam artian menabung di bank sebenarnya adalah sama saja Kita melawan inflasi terhadap mata uang dari hari ke hari. karena mata uang Kita pasti berubah-ubah nilainya. nah semakin lama uang Kita bukan akan semakin menumpuk, namun akan habis karena nilainya terus berkurang karena inflasi itu sendiri.

nah, di artikel kali ini tulisan apa sih yang akan Saya buat untuk Kamu. kali ini adalah Saya akan menuliskan pengalaman Saya 1 bulan menabung saham yang sudah Saya jalankan dari bulan maret lalu. ya karena Saya juga baru coba-coba untuk nabung saham dan mempelajarinya. nah, sebetulnya juga gak 100% saham yang Saya kelola. tapi Saya hanya beli produk Reksadana di Bareksa.

ya, Saya baru beli produk Reksadana saham di Bareksa ini bulan maret yang lalu. dari awal memilih produk, Saya sudah dibuat bingung dengan berbagai pilihan yang tersedia. karena banyak sekali faktor dan sebab kenapa Saya harus memilih dengan teliti. karena Kamu tahu kan. kalau bermain saham itu kan membutuhkan waktu yang cukup lama, tidak sebentar. ya untuk profit saja setidaknya 3 tahun sampai beberapa tahun. jadi, harus tepat dalam memilih produk Reksadana saham ini.

kenapa Saya membeli produk Reksadana saham? sudah pasti jawabannya adalah untuk menjawab tulisan Saya yang ini Cara Menabung yang efektif . disitu Saya menuliskan bahwa ada beberapa investasi yang tepat untuk menabung uang. diantaranya Menabung Emas, Menabung Saham, dan membeli produk Reksadana. jadi Saya juga ingin membuktikan kepada Kamu. bahwa Saya pun melakukan hal itu, tidak hanya menulis saja. karena jujur Saya juga seoarang yang mudah penasaran dengan sesuatu. 

nah, balik lagi ke Reksadana. sudah sangat lama Saya mengenal Reksadana. bahkan ketika Saya masih sekolah pun Saya sudah paham dan ingin mempraktikannya. namun karena waktu itu sebagai anak sekolah belum mendukung dalam finansial. jadi Saya tunda dulu sampai Saya kira-kira bisa untuk menabung Reksadana dengan rutin setiap bulannya. dan baru sekarang ini Saya memiliki kesempatan untuk mencoba memulai untuk 3 tahun kedepan.

produk Reksadana yang Saya beli adalah Reksadana saham Simas Syariah Unggulan. karena sudah Saya riset dan paling banyak memberikan keuntungan yang besar dalam beberapa tahun itu. bahkan bisa tembus sampai 30% dalam 3 tahun, luar biasa sekali. tapi disini Saya juga tidak akan ceritakan itu kepada Kamu. karena khawatir jika Kamu langsung memulai memahami Reksadana saham dari sini. maka Kamu tidak akan tahu awalnya. jadi buat Kamu yang masih awam lebih baik search dulu deh "apa itu Reksadana" dan sekaligus pelajari juga jenis Reksadana, oke.

jadi karena masih 1 bulan, Saya belum merasakan hal yang signifikan, yah sejauh ini baru merasakan  naik-turun grafik persen dari saham yang Saya beli. jadi untuk selanjutnya Saya akan terus menulis tentang perkembangan saham yang Saya beli ini. apakah memang akan profit atau tidak.

nah untuk Kamu yang belum tau dan belum paham Reksadana, Kamu bisa baca-baca dulu tentang Reksadana dan semua yang berkaitan dengan Reksadana. gak ada salahnya lho Kamu belajar dan memahami sesuatu. karena ini adalah salah satu cara juga untuk investasi Kita dimasa depan. namun bukan berarti semua akan berjalan mulus sesuai dengan apa yang Kita inginkan, semua tentu ada resikonya yang harus ditanggung oleh individu itu sendiri. jadi, harus siap mental untuk bisa survive menjadi seorang yang handal. 

Selamat Berjuang Kelas XII MA Al Kahfi

Sayawrt.com - halo, bertemu lagi ditulisan Saya yang ini ya, setelah sekian hari Saya tidak update tulisan lagi karena sedang sibuk-sibuknya UNBK dan persiapan lainnya. jujur pekan ke-1 bulan April ini Saya merasa sedikit sedih. kenapa kok sedih..? iya, karena sudah beberapa lama menemani kelas XII MA untuk simulasi, gladi, dan kegiatan lainnya. sehingga ketika mereka lulus dari MA Al Kahfi Saya merasa kehilangan orang yang sudah dekat sekali.

sayawrt, rifkitaufik, uambn-bk, uambn ma, ma al kahfi, pesantren al kahfi


yah, mungkin ini yang dirasakan oleh Guru Saya dan Guru disini ketika tahu Siswanya lulus dan akan melanjutkan ke jenjang lain. dan sekarang Saya baru merasakan itu walaupun Saya bukan seorang Guru yang mengajar mereka setiap hari. tapi memang perasaan itu cukup membuat hati tidak tenang seperti benar-benar kehilangan sesuatu yang berharga. wah, memang luar biasa perasaan seorang Guru. dan begitu sabarnya mereka terhadap Siswanya. 

eh, kok Saya jadi curhat tentang kelas XII yah, hehe. gak papa kan. biasanya Saya curhat masalah teknologi dan pekerjaan kali ini malah tentang perasaan, hehe. kenangan yang berharga dengan kelas XII tidak akan Saya lupakan. bahkan dengan Saya menulis artikel ini Saya sedikit menyimpan cerita itu disini. 

dan puncak acara perpisahan sekaligus wisuda kelas XII akan dilaksanakan tanggal 19 Mei 2019, yang mana Saya juga menjadi bagian Sekretaris di kepanitiaan Wisuda SMA&MA 2018/2019 ini. sungguh ini adalah pengalaman berharga. karena didalamnya terdapat orang hebat yang banyak membantu Saya untuk terus maju, walaupun capek dan lelah. tapi tetap, itu adalah sebuah tantangan untuk Saya. terimakasih semua.

sayawrt, rifkitaufik, uambn-bk, uambn ma, ma al kahfi, pesantren al kahfi


kartu diatas adalah kartu ketika Saya menjadi proktor UAMBN-BK. jujur saja yang paling berkesan untuk Saya dengan kelas XII MA bukan ketika UNBK tapi ketika melaksanakan simulasi dan gladi UAMBN-BK yang cukup lama, karena disitu Saya mendengar mereka berbicara dan berinteraksi dengan Saya secara intens. dan yang paling konyolnya adalah yang mungkin disekolah luar tidak terjadi, mereka yang selalu menanyakan hasil simulasi, padahal simulasinya belum selesai. bahkan ada yang mengakali Saya. 

ada beberapa yang selalu Saya ingat kekonyolannya. tapi dengan cara itu mereka semua terlihat unik dan memiliki kelebihan tersendiri. karena bersama mereka Saya tidak menempatkan diri sebagai seoarng yang dipanggil "bapak", tapi cukup menjadi Kakak. 

padahal Saya dengan kelas XII MA tidak lama, hanya bertemu ditahun ajaran 2018/2019. ya hanya 1 tahun saja, karena Saya baru masuk sebagai staf baru disini.

oke, pesan dari Saya untuk Kalian. dimanapun berada tetap menjaga kedisiplinan, dan nilai-nilai kehidupan yang sudah Kalian dapatkan di Al Kahfi. karena itu akan menjadi bekal yang utama untuk kehidupan. banyak sekali yang telah Kalian dapatkan disini, dan jangan lupakan itu.

dan doa Guru disini menyertai Kalian untuk senantiasa berjuang, jangan putus asa. temukan kehidupan Kalian yang sebenarnya. karena dengan itu Kalian akan lebih mudah menemukan hidup itu apa. latar belakang Kalian berbeda, namun harus kuat menopangnya. tetap semangat, jangan lupakan Guru disini dan staf TU juga ya. 

kartu diatas adalah detik-detik Saya menemani Kalian diakhir kegiatan sebelum Kalian melepas status Siswa di MA Al Kahfi. Sinan.

*artikel ini dibuat dengan riset dan data.

Kekurangan OS Android Pie di Nokia 5, bikin greget...

SayaWRT.com - sejak Saya menggunakan Android Pie, banyak sekali perubahan interface yang ada. dari pengaturan menu, dan lainnya. namun memang update Android Pie ini sangat cepat sehingga bisa Saya coba sudah lebih dari 1 bulan lamanya. dan menurut pengalaman pengguna yang Saya rasakan semua masih baik-baik saja dan Nokia 5 masih sanggup memakan sistem Android Pie. inilah 
Kekurangan OS Android Pie di Nokia 5, yang bikin greget.

rifkitaufik, sayawrt, android pie nokia 5 error


Saya sedang tidak membicarakan tentang ulasan Android Pie, namun diartikel ini Saya ingin berbagi pengalaman rasa menggunakan Android Pie di Nokia 5 yang terkadang menemukan beberapa kendala, mulai dari stAndroidby ke sleep yang berkedip, aplikasi yang crash bahkan blank, serta Smartphone yang sedikit lambat dibandingkan dengan Android Oreo. 

jadi, ketika Saya menggunakan Android Nougat os asli bawaan Nokia 5. memang pada saat itu Saya meraskan masih belum stabil dan banyak sekali kekurangan, terbukti dengan munculnya banyak update setiap bulannya. hingga suatu saat Saya mendapatkan untuk update ke Android Oreo. di os Oreo ini. Saya hampir tidak menemukan masalah sama sekali, bahkan 1 jam penggunaan Smartphone pun body Smartphone masih dingin dan tidak terlalu panas seperti ketika menggunakan Android Nougat. dan semua aplikasi berjalan dengan lancar.

1 bulan berlalu, di akhir desember 2018 Saya mendapatkan update untuk Android Pie, Saya tentu senang sekali, bisa merasakan versi terbaru dengan cepat dan tanpa lama-lama, akhirnya Saya unduh. kurang lebih 1.3 GB ukuran update, namun prosesnya cepat, karena sudah terunduh sedikit demi sedikit ketika Smartphone terkoneksi dengan Wi-Fi. dan keseharian Saya di kantor dan asrama menggunakan Wi-Fi tentunya. jadi hanya proses upgrade saja yang Saya lakukan. 

dibenak Saya mungkin ini akan lebih sempurna dari versi Android Oreo, karena versi terbaru biasanya muncul untuk menutupi kekurangan versi sebelumnya. jadi, ya Saya tetap senang. hingga pada waktunya Saya coba untuk test beberapa aplikasi, ada yang lancar dibuka, ada juga yang crash karena belum mendukung untuk versi Android Pie, tapi itu tidak masalah karena pasti akan diperbaiki oleh developer. dan yang terakhir ada alikasi yang baik-baik saja namun ketika dibuka dan dijalankan sangat lama untuk mereSmartphoneon hingga berujung crash dan blank.

nah, pada saat itu tentu Saya mencari tahu dong kenapa sebabnya. jadi ternyata bukan Saya saja, ketika Saya baca forum dan artikel memang banyak juga yang mengalami. jadi Saya menyimpulkan sendiri, bahwa untuk versi Android Pie ini masih belum lebih baik dari versi Android Oreo. bahkan di versi Android Pie ini Smartphone Saya terkadang sangat panas sekali walaupun tidak digunakan. 

sekarang yang Saya lakukan adalah menunggu untuk update lagi, karena siapa tahu dengan update terbaru akan menutupi kekurangan di Android Pie ini. mungkin dengan melakukan sedikit perbaikan.

tapi ini terjadi hanya di Smartphone keluaran Nokia saja, karena Saya seorang pengguna Nokia sejak lama, jadi untuk Android pun Saya masih menggunakan Nokia walaupun merk sebelah lebih bagus. buat Kamu selain pengguna Smartphone Nokia yang mendapatkan update terbaru ke Android Pie, jangan takut seperti Saya ya. Kamu update saja. karena mungkin di Smartphone dengan merk lain itu tidak akan terjadi, artinya masih aman untuk digunakan. tidak akan menemukan hang, crash seperti yang Saya alami di Smartphone Nokia 5. 

nah, untuk Kamu pengguna Android juga wajib banget baca nih artikel Saya sebelumnya yang ini. agar Kamu bisa jaga-jaga, jangan sampai Kamu melewatkan artikel itu ya. ayo segera baca. 

Cerita Masa Lalu hingga Sekarang

SayaWRT.com - bolehkah Saya bercerita secara pribadi kepadamu, tidak terlalu pribadi sih. namun bersifat keprivasian. tentang masa lalu kah? perkerjaan kah? atau lain-lain?


ya Saya bilang dari ketiga yang disebutkan diatas adalah Saya ingin bercerita tentang semuanya. namun tidak akan Saya ceritakan semua tentunya. karena nanti Kamu tidak akan penasaran lagi dengan sosok Saya.

sayawrt, rifkitaufik, pesantren termewah, cara menulis artikel
semua terus melaju

dari kecil, Saya tinggal di Banten, disuatu tempat yang disebut Malingping. disana Saya tinggal dari kecil sampai berusia 8 tahun, setelah itu masuk sekolah MI. ya, Saya memang telat 2 tahun masuk ke dunia pendidikan. maklumlah, di desa terpencil itu keluarga Saya hidup apa adanya. namun, semua tercukupi. ketika Saya kecil, semua permainan tradisional pernah Saya mainkan. tentu dengan suasana saat itu.

ketika berlai-lari, saling mengejar, kemudian menangkap. semua ada rasa tersendiri dalam benak hati masing-masing. tentu Saya juga merasakan. Saya tidak ingin kehilangan momen, sekarang Saya masih ingat dengan kenangan masa kecil. biarlah di blog ini Saya menyimpan itu semua melalui tulisan. agar Saya bisa baca kembali. untuk kemudian mengingatnya lagi.

jarak rumah hanya 20 meter dari kuburan, tidak membuat Saya takut karena tidak ditakut-takuti. tidak ada mitos yang saat itu Saya dengar. hanya ingat keceriaan dan kegembiraan. bermain ke sungai yang disebut batu karut, entahlah. apakah tempat itu masih ada sampai sekarang. mendokumentasikan masa lalu memang sulit, hanya ada beberapa foto yang Saya miliki. itupun hilang dengan albumnya ketika pindah rumah ke Bogor (darunnajah).

puas bermain sewaktu kecil, Saya meninggalkan teman-teman disana, untuk pergi sekolah mengikuti Bapak yang kerja di pesantren. ada kesempatan untuk Saya belajar. memiliki teman baru dan tempat baru, Saya senang. masa kecil yang cerdas berawal dari sini, beruntungnya punya lingkungan hidup yang baru itu, Saya bisa belajar lebih banyak dari sebelumnya. dimanapun itu tetap Saya lakukan.

kesempatan dan peluang itu berbeda, jangan salah mengartikan keduanya. kesempatan adalah dimana pada saat itu, detik itu, Kamu bisa melakukan sesuatu untuk dirimu untuk orang lain dan untuk siapapun. dengan kesempatan itu Kamu bisa meraihnya. percayalah, banyak sekali kesempatan yang melewati dirimu.

peluang istilah yang mendeskripsikan sesuatu yang nyata, yang mungkin akan Kamu dapatkan dengan nyata, atau tidak sama sekali.

KESEMPATAN KAMU UNTUK DAFTAR KULIAH DIMANAPUN ADA! NAMUN PELUANG UNTUK LOLOS KEDALAMNYA BELUM TENTU ADA!


Kamu harus melawan peserta lain untuk bisa memperebutkan kursi itu.

itulah kenapa sejak kecil Saya selalu memanfaatkan yang benar-benar ada. bukan yang tidak ada Saya khayalkan untuk menjadi ada. 

pada hari sabtu, satu pekan setelah pelaksanaan PPM di Cipari, Cikahuripan, Klapanunggal, Bogor. Saya diminta untuk mempresentasikan laporan yang telah Saya susun. tentang kegiatan, kemasyarakatan, dan sebagainya.

ada teman Saya dikelompok lain yang juga terpilih untuk presentasi. dengan dasar verbal yang beda, dan tentu akan terlihat beda. Saya mengingat kembali semua materi yang Saya dapatkan ketika mengikuti Training of Trainer. Saya coba praktikkan, hasilnya adalah.

Saya dipanggil oleh Pak Ian read:ian, beliau mengatakan "presentasi Kamu bagus, Kamu sepertinya bisa menjadi pembicara handal, jangan lupa asah terus kemampuan berbicara Kamu, suatu saat itu berguna untuk Kamu walaupun Kamu tidak menjadi pembicara read:motivator,"

badan Saya yang lelah dan capek pada saat itu karena sedang membina Pramuka anak MTs menjadi segar kembali, ucapan seorang direktur perusahaan besar yang menggugah semangat Saya untuk terus belajar. namun satu yang Saya herankan?

kenapa Saya disebut bisa menjadi seoarang pembicara yang handal, sedangkan dalam keseharian Saya lebih banyak diam. setelah Saya amati, oh iya. satu jawabannya. sudah Saya temukan. karena Saya suka menulis, secara tidak langsung ketika menulis Kita pasti mengucapkan kata yang ditulis didalam pikiran. dan itulah yang menjadikan verbal Saya menjadi baik. bukan karena Training of Trainer yang Saya dapatkan dulu. 

masih banyak cerita tentang pribadi yang ingin Saya bagikan, namun cukup ini saja. agar Kamu penasaran dengan sosok Saya.

artikel sebelumnya bisa Kamu baca juga yang ini tentang penggunaan Aplikasi Non-Ori

3 Hari menjadi Proktor UAMBN-BK

SayaWRT.com - kali ini Saya menjadi Proktor UAMBN-BK yang dilaksanakan selama 3 hari dari hari Rabu tanggal 13 Maret sampai Jum'at, 15 Maret 2019. tapi bukan kali ini saja Saya menjadi Proktor sebelumnya juga selama persiapan UAMBN-BK dalam kegiatan simulasi dan gladi bersih UAMBN-BK Saya juga latihan menjadi Proktor. apa sih itu Proktor dan apa tugasnya? pasti kamu tahu dong. yang belum tahu, baca terus artikel ini ya.

sayawrt, uambn-bk, unbk 2019, proktor unbk
ilustrasi

jadi Proktor itu adalah seorang yang menjadi/menjaga komputer server, nah itu baru deskripsi mudahnya ya, kalau deskripsi sulitnya adalah seseorang yang menjaga server komputer untuk kegiatan ujian dan selalu mengawasi server agar berjalan dengan baik dan memeriksa kesiapan semuanya. tapi selain itu. tugas Proktor masih banyak lagi. 

selama menjadi Proktor UAMBN-BK banyak sekali kesan yang Saya dapatkan terutama dengan kelas XII yang sedang mengikuti ujian. ketika menyiapkan komputer untuk mereka, serta menegur mereka jika ngobrol. mungkin semua itu Saya rasakan karena sebentar lagi mereka akan lulus. jadi itu membekas diingatan Saya, sehingga menjadi kenangan.

seorang Proktor juga ditemani seorang teknisi yang bekerjasama menyiapkan komputer client. oh iya. Saya menjadi Proktor hanya di UAMBN-BK saja. kemudian untuk selanjutnya UNBK tanggal 9 april 2019 menjadi teknisi, bergantian dengan teknisi UAMBN-BK. jadi Saya menjadi Proktor juga karena diminta.

Saya tidak sendiri, ketika pelaksanaan UAMBN-BK dan UNBK. sudah ada tim panitia internal yang dibuat sebelumnya, jadi memang semua sudah dipersiapkan. dan Saya pun bersedia karena ini tantangan baru, sebelumnya Saya tidak pernah terpikirkan untuk ikut terlibat dalam kegiatan UAMBN-BK dan UNBK ini. tapi, Saya menjadi tahu. begini ya menjadi ProTek dan panitia ujian.

persiapan lain sebelum ujian juga tidak terlalu banyak, membuat banner ujian untuk kegiatan dokumentasi dan juga selama ujian berlangsung mengawasi komputer server, serta mengirim jawaban soal jika ujian sudah selesai, hanya itu. selebihnya sama dengan yang lain.

jadi dengan Saya menjadi Proktor ini, Saya menjadi tahu dan paham dengan alur ujian yang ada di sekolah serta tugas dan peran panitia.

nantikan cerita Saya menjadi teknisi UNBK ya.

Stop Gunakan Aplikasi Non-Ori pada Smartphone

Sayawrt.com - halo sobat SayaWRT, membagi hari-hari antara Pekerjaan dan Ngeblog memang agak sedikit membingungkan. namun tetap semua itu bisa berjalan sesuai jika Kita bisa mengatur waktunya. sekarang ini Saya ingin menulis sesuatu tulisan yang mungkin sudah tidak asing lagi untuk Kamu dengar. ya "aplikasi non-ori".

Tentu Kamu sebagai pengguna Smartphone Android pasti ada yang sudah pernah kan menggunakan aplikasi non-ori ini, atau belum pernah samasekali? yaps bagus kalau begitu Saya sarankan untuk tidak menggunakan aplikasi non-ori deh. bahaya untuk privasi dan Smartphone Android Kamu. mau tahu kenapa? simak terus artikel ini ya.

Sayawrt, aplikasi premium, beli aplikasi linkaja, cara menulis artikel
Aplikasi Premium


dulu sekali pada zamannya ketika Android masih di versi Jellybean, KitKat, dan Lollipop. dan pada saat itu pembayaran aplikasi masih belum mendukung via pulsa banyak anak muda terutama anak remaja yang suka ngoprek (istilah Android). ngoprek apa aja sih? ya tentu dengan apa yang Dia suka. misal seperti ro*t atau membuka hak akses sampai yang ekstrem yaitu mengganti Firmware Smartphone itu sendiri. 

Jujur, Saya pun pernah ngoprek Android sampai Saya buatkan tutorialnya di Youtube dan ditonton sampai tembus 150.000 penonton. tentu dengan angka sebanyak itu berarti tidak sedikit peminat oprekers. karena mau bagaimana lagi, semua itu karena ada rasa penasaran yang tinggi namun dalam hal negatif.

Ditulisan ini, Saya ingin mengajak Kamu untuk berhenti gunakan aplikasi non-ori pada Smartphone Android Kamu, kasian dong. masa Smartphone yang sudah Kamu beli dijejali aplikasi non-ori semua. lagipula sekarang ini pembayaran via pulsa dan voucher google play sudah mudah digunakan tidak sesulit dulu. dan tentu sekarang dengan harga terjangkau Kamu sudah bisa membeli aplikasi yang Kamu inginkan. atau bisa kamu baca juga Beli Voucher Google Play Pakai LinkAja

kenapa dan apa efek dari menggunakan aplikasi non-ori di Android? banyak sekali efeknya dan terutama untuk Smartphone Kamu. karena Saya pernah dimintai tolong seorang teman di Jakarta. bahwa Smartphone yang Dia gunakan mendadak error dan muncul banyak sekali iklan. hemm, Saya mulai curiga dan biasanya ini pasti ada penyebabnya secara tidak sengaja. Saya tanyakan kenapa? apa yang Dia katakan membuat Saya terkejut dan langsung segera memberikan opsi pilihan kepada teman Saya. 

penyebabnya adalah karena Dia baru saja memasang aplikasi untuk menemukan jaringan Wifi yang bisa ditembus. lantas saja Smartphone nya error dan mendadak banyak sekali iklan, karena ulahnya sendiri. padahal untuk apa juga aplikasi seperti itu. merugikan sekali ya.

Inilah sebab jika Kamu menggunakan aplikasi non-ori di Smartphone Kamu.

  • Kemanan dan privasi tidak baik
Kamu harus hati-hati, aplikasi non-ori tentu dibuat dengan tujuan tertentu dan tidak mungkin memiliki keamanan yang baik. bisa saja pembuat aplikasi non-ori tersebut menyisipkan program jahat yang mengintai keseharian Kamu, atau menyadap kegiatan yang Kamu lakukan di Smartphone Kamu. tentu Kamu tidak ingin itu terjadi kan? jadi stop deh dari sekarang.
  • kinerja Android jadi lambat
ya terkadang ini juga terjadi dibeberapa kasus. walaupun Smartphone yang Kamu miliki memiliki spek yang bagus tapi jika program jahat itu berjalan bisa saja kinerja aplikasi Kamu akan semakin memburuk dan mungkin akan hang dan lag (pengalaman pribadi)
  • Rentan terkena virus
ya, ini paling sering banget dulu Saya alami. zaman dimana Saya dulu senang ngopreks. sampai Saya harus reset ulang ke semula agar virusnya bisa hilang. hemm. memang menyenangkan tapi tidak untuk sekarang.
  • Tidak ada jaminan keamanan
aplikasi non-ori kok mengharapkan keamanan. hemm. mikir!


Nah, sekarang Saya sudah berhenti total dari menggunakan aplikasi non-ori di Smartphone Android, kenapa? tentu selain masalah yang Saya tulis 4 poin Diatas masih banyak lagi alasan Saya berhenti menggunakannya. terhitung sejak bulan Oktober 2018 Saya mulai berhenti menggunakan aplikasi non-ori di Smartphone Saya, karena untuk pekerjaan. jadi harus bekah.

Alasan lainnya adalah
  • harus menghargai karya orang lain
Kamu pernah tidak membayangkan aplikasi yang Kamu gunakan itu dibuat berapa lama serta ada berapa kali trial and error? lantas Kamu dengan mudahnya menggunakan aplikasi versi non-ori saja tanpa merasa bersalah. itu menyakitkan sekali untuk sang developer walaupun memang mereka tidak rugi juga Kamu gunakan aplikasi itu. namun tetap, menghargai aplikasi buatan orang lain apalagi aplikasi yang sering sekali Kamu gunakan itu menunjukan sifat dan kepribaDian Kamu sendiri. 

di Indonesia sendiri, memang masih kurang dalam pengawasan aplikasi non-ori, namun jika Kamu tinggal di Amerika sana, masalah pemnon-ori itu adalah hal serius dan ada hukuman yang berlaku.
  • Pekerjaan Saya harus berkah
Saya suka edit foto dan membuat desain grafis. namun jika aplikasi yang Saya gunakan untuk membuat semua itu adalah hasil non-ori apakah akan berkah juga hasilnya? coba Kamu pikirkan.
  • Saya tidak mau mencuri
lalu hubungannya apa dengan poin ini? aplikasi free dan premium memiliki struktur kode yang berbeda. jika Kamu gunakan aplikasi non-ori maka sama saja Kamu mencuri source kode itu. bagaimana? masuk akal kan.


Ayo buat Kamu yang masih betah pakai aplikasi non-ori, mulai berhenti ya dari sekarang. percaya deh, ini buat kebaikan Kamu dan Smartphone Kamu juga. oke, sekarang coba mulai pakai aplikasi premium, tidak mahal kok. karena Saya sudah menggunakannya, dan banyak aplikasi premium yang Saya beli juga, dengan yang sekali beli atau berlangganan.

biar ada sedikit bukti, Saya sertakan deh screenshoot di bawah ini. 

Sayawrt, aplikasi premium, beli aplikasi linkaja, cara menulis artikel
Aplikasi yang Saya beli
Gimana, sudah terbukti kan bahwa Saya juga mulai sekarang menggunakan aplikasi yang bukan non-ori. 

ada sedikti tips nih buat Kamu juga yang memang tidak niat beli aplikasi versi pro nya atau memang hanya mau pakai aplikasi yang versi freenya saja, oke tidak masalah.
  • Unduh dari PlayStore
pastikan Kamu mengunduh aplikasi hanya dari PlayStore saja ya, karena semua aplikasi yang ada di PlayStore sudah dipastikan keamanannya dan pasti aman juga dong.
  • Hindari toko aplikasi yang tidak terpercaya
sekarang ini, banyak juga developer Android yang tidak memasukan aplikasinya ke PlayStore karena mungkin ada yang melanggar kebijakan atau tidak mematuhi hukum, seperti contohnya aplikasi snapt*be yang khusus digunakan untuk mendownload video dari Youtube, Facebook, dsb. tentu hal ini dilarang dan memang sudah melanggar kebijakan jadi, aplikasi tersebut tidak dapat ditemukan di PlayStore.
  • Jangan pakai aplikasi non-ori
nah, ini sudah dibahas juga sebelumnya dan pasti Kamu pun sudah paham, jadi stop ya gunakan aplikasi non-ori, oke.
  • Gunakan antivirus untuk Smartphone
ya, antivirus sekarang memang tidak khusus untuk PC saja, untuk Smartphone pun sudah ada, bahkan Saya pun menggunkan AVG Antivirus Pro dengan berlangganan setiap tahun. kenapa Saya gunakan antivirus untuk Smartphone walaupun itu tidak terlalu signifikan? 

sudah pasti karena alasan keamanan juga dong, karena antivirus sekarang juga sudah dilengkapi berbagai fitur dan dilengkapi alat keamanan seperti anti-theft, pengunci aplikasi, dsb. ya setidaknya itu untuk antisipasi aja.
  • Selalu update software Smartphone
memperbaharui software Smartphone juga berpengaruh dan sangat penting. jadi ketika Smartphone Kamu menerima update keamanan atau update versi. segera saja diperbaharui. 

Saya pun begitu, ketika pertama kali menggunakan Smartphone Nokia 5. OS yang Saya gunakan masih versi Nougat 7.0, kemudian pada saat itu juga memang sudah ada update untuk versi Oreo 8.0, tapi Saya abaikan dan tidak sengaja Saya membaca artikel di salah satu blog. bahwa terdapat banyak sekali peningkatan untuk Android versi Oreo ini, jelas dong Saya tertarik dan langsung saja update ke Oreo. 

tapi eh tapi, di Oreo itu Saya merasakan bahwa performa Smartphone Android semakin baik dan lancar, tidak seperti di nougat. wah, kenapa tidak dari dulu ya Saya upgrade ke Oreo. 

1 bulan Saya memakai os Oreo 8.0, sudah ada update lagi untuk versi Android Pie 9.0. wah luar biasa ya. Nokia 5 mendapatkan update lumayan cepat juga. dan tanpa menunggu lama, akhirnya Saya update lagi ke Android Pie 9.0. tapi harapan Saya yang Diawal tidak sesuai ekspektasi, Saya agak kecewa di Android versi 9.0 ini. karena Saya banyak menemukan masalah selama mengoperasikan beberapa aplikasi. mau tahu masalah apa saja. nantikan tulisan Saya selanjutnya.

Pertama kali pasang iklan Google Ads

dulu memang Saya pernah iseng mendaftar untuk program Google Adwords, namun dulu Saya tidak paham sekali apa itu Google Adwords. yang Saya tahu jika Saya mau gunakan itu maka Saya harus bayar dahulu.  semakin kesini, Saya sudah paham apa itu Google Adwords. tahun 2013 pun Saya sudah memiliki akun Google Adwords karena pada saat itu Saya menggunakan tools keyword planner untuk search kata kunci.

rifkitaufik, sayawrt, google ads, cara menulis artikel, cara pasang iklan google


sekitar tahun 2014 Saya paham, bahwa iklan yang ditampilkan di adsense itu berasal dari pelanggan adwords. nah darisitulah muncul rasa penasaran Saya untuk bisa mencoba Google Adwords. memang jarak waktunya lama sekali dari tahun 2014 sampai tahun 2019. dan pada tahun 2018 pun sebenarnya sudah ada niatan untuk pasang iklan untuk blog dan video youtube. namun, jika Saya pasang semua maka dana Saya pasti kurang.

ketika bulan februari 2019 Saya coba iseng untuk memasang iklan Video youtube yang pada saat itu dengan anggaran Rp. 150.000 dan anggaran harian Rp.10.000 dengan Bid Rp. 250.

pasti Kamu tahu dong apa yang terjadi, bukannya video Saya semakin banyak ditonton tapi sepi penonton karena harga bid yang Saya ajukan sangat-sangat rendah sekali, dengan anggaran Rp. 10.000 perhari dan bid CPC Rp. 250, Saya tahu bahwa itu kurang. namun iklan memang sudah disetujui dan tampil. karena Saya sudah dapat laporannya.

berawal dari masalah diatas. Saya semakin yakin bahwa Saya belum siap untuk memasang iklan video di youtube, karena video yang Saya gunakan pun berdurasi panjang dengan jenis vlog, maka akhirnya Saya hentikan iklan itu dengan hasil nol besar. namun tidak mengapa, setidaknya Saya memiliki pengalaman baru bagaimana cara pasang iklan Google Ads yang baik.

Saya masih penasaran dengan iklan video, akhirnya Saya coba mencari tahu di youtube, apa yang harus Saya lakukan dengan kesalahan diatas. ternyata, masalahnya memang sudah bisa Saya tebak, yaitu berasal dari anggaran dan bid CPC. karena harga yang Saya berikan kurang tinggi, sehingga impressi yang Saya dapatkan pun kurang sehingga tidak berdampak apa-apa ke video yang Saya iklankan. 

dari situ lah, Saya akhirnya ingin mencoba jenis iklan lain dengan dana terbatas hanya Rp. 150.000 saja. Saya sempat kepikiran untuk mengiklankan blog saja dengan jenis telusur. dan lama-lama, akhirnya Saya memilih jenis iklan tersebut untuk mendatangkan trafik ke blog Saya.

dan Saya pun mulai memberanikan untuk memasang anggaran yang lebih besar dari sebelumnya yaitu anggaran harian Rp. 50.000 dari sebelumnya Rp. 10.000. dan harga CPC Saya naikan dari Rp. 250 menjadi Rp. 1500. sesuatu yang signifikan sekali untuk Saya coba. dengan kenaikan besar tersebut, Saya menunggu iklan Saya untuk disetujui dan tampil. akhirnya sambil menunggu Saya tinggal saja beberapa saat,

pada tanggal 2 maret, Saya membuka laporan Google Ads, dan melihat bahwa nilai impresi adalah sekitar >230. itu artinya iklan Saya sudah tampil lebih dari 230 tayangan, dengan jumlah klik 27 dan biaya yang Saya keluarkan sehari itu adalah Rp. 50.069, lebih 68 rupiah dari anggaran harian, tapi itu masih aman karena trafik yang datang ke blog Saya pun lumayan. 

berikut adalah hasil tangkapan layar iklan yang Saya pasang selama 3 hari, lumayan bukan? dengan dana Rp. 150.000 maka Saya bisa mendapatkan trafik yang lumayan secara dadakan, karena setelah iklan Saya berhenti, maka trafik kembali ke sebelumnya. hanya <50 perhari. 

sayawrt, google ads, cara menulis artikel, cara pasang iklan google
laporan iklan hari ke-1
sayawrt, google ads, cara menulis artikel, cara pasang iklan google
laporan iklan hari ke-2
sayawrt, google ads, cara menulis artikel, cara pasang iklan google
laporan iklan hari ke-3
sayawrt, google ads, cara menulis artikel, cara pasang iklan google
total jumlah aktifitas iklan

More »
More »